Sejarah Komputer: Mesin Turing Cikal Bakal Komputer

Alan Turing adalah seorang matematikawan, logikawan, dan kriptografer Inggris yang sangat terkenal karena sumbangsihnya dalam bidang ilmu komputer dan kriptografi. Salah satu sumbangsih terbesar Turing adalah penemuan konsep mesin Turing pada tahun 1936. Mesin Turing dianggap sebagai konsep dasar dari komputer modern yang kita kenal sekarang ini.

Masa muda Alan Turing

Alan Turing lahir di London pada tanggal 23 Juni 1912. Saat masih muda,Turing menunjukkan minat yang besar dalam matematika, terutama dalam masalah-masalah yang terkait dengan logika. Pada usia 16 tahun, ia telah mengembangkan pemikiran yang sangat kritis dan sudah dapat memecahkan beberapa masalah matematika yang sulit.

Setelah menyelesaikan studinya di Universitas Cambridge, Turing mulai bekerja di Bletchley Park pada tahun 1939. Bletchley Park adalah markas militer Inggris selama Perang Dunia II yang bertugas untuk memecahkan kode-kode enkripsi yang digunakan oleh Jerman. Turing adalah bagian dari tim yang bertanggung jawab untuk mengembangkan mesin dekripsi yang dikenal sebagai Bombe. Bombe merupakan mesin dekripsi (lawan kata dari enkripsi) elektromekanik yang berhasil digunakan untuk memecahkan kode-kode yang dienkripsi oleh mesin yang bernama enigma.

mesin enigma
Mesin Enigma, Digunakan untuk mengirim pesan rahasia antar tentara Jerman

Keterlibatan Alan Turing dalam Perang Dunia II

Selama Perang Dunia II belum ada seorang ilmuwan yang dapat memecahkankode yang dienkripsi oleh enigma, tetapi bagi seorang Alan Turingmemecahkan rahasia enigma bukanlah yang mustahil. Akhirnya pada tahun 1941 akhirnya rahasia mesin enigma terpecahkan oleh mesin Bombe. Setelahrahasia mesin enigma dipecahkan, maka pihak sekutu (Inggris dan Amerika) bisa mengetahui isi pesan rahasia tentara Jerman, sehingga pihak sekutu bisa mengantisipasi jika Jerman melakukan suatu tindakan.

Selama bekerja di Bletchley Park, Turing mulai mengembangkan konsep mesin Turing. Mesin Turing adalah sebuah mesin teoretis yang dapat melakukan operasi matematika sederhana seperti penjumlahan dan pengurangan denganmenggunakan sebuah pita berlubang yang dapat membaca dan menulis simbol. Konsep mesin Turing pada awalnya didasarkan pada teori tentang masalahkeputusan, yakni sebuah masalah di mana kita ingin menentukan apakah suatu pernyataan benar atau salah.

sejarah komputer dan mesin turing
Codebreaker yang sedang bekerja untuk memecahkan pesan rahasia di Bletchley Park

Codebreaker adalah seseorang yang ahli dalam memecahkan kode atau sandi yang digunakan untuk mengamankan pesan rahasia. Codebreaker biasanya bekerja dalam bidang kriptografi, yaitu ilmu yang mempelajari teknik-teknik untuk mengamankan pesan rahasia dari akses oleh pihak yang tidak berwenang. Ya, Alan Turing adalah salah satu CodeBreaker terhebat yang pernah ada.

Awal Mula dan Pengembangan Mesin Turing

Dalam makalahnya yang berjudul "On Computable Numbers, with anApplication to the Entscheidungsproblem" yang diterbitkan pada tahun 1936, Turing memaparkan ide mesin Turing secara rinci. Turing menggunakan mesinTuring untuk menunjukkan bahwa masalah keputusan dapat diselesaikan dengan bantuan sebuah mesin komputasi yang sederhana. Pada saat itu, konsep mesinTuring hanya dianggap sebagai teori matematika semata.

Namun, setelah mesin elektronik mulai dikembangkan pada tahun 1940-an, konsep mesin Turing mulai dipandang sebagai konsep dasar dari komputer modern. Mesin Turing menyediakan model yang jelas dan terstruktur tentang cara sebuah komputer dapat memproses informasi. Mesin Turing memungkinkan komputer untuk melakukan perhitungan secara otomatis dan memberikan alur logis yang dapat diikuti oleh mesin komputasi.

Mesin turing, sumber aturingmachine.com

Kesimpulan

Mesin Turing menjadi dasar penting dalam perkembangan komputer modern karena konsep ini memungkinkan para ilmuwan dan peneliti diprogram dan diotomatisasi tanpa harus memikirkan langsung tentang komponen-komponen fisik dalam sebuah mesin. Selain itu, konsep mesin Turing juga memungkinkan pengembangan bahasa pemrograman yang lebih efisien dan mudah dimengerti oleh manusia, sehingga memudahkan pengembangan aplikasi dan program yang lebih kompleks dan dapat diprogram untuk melakukan tugas-tugas yang lebih canggih. Dalam hal ini, mesin Turing memegang peranan yang sangat penting dalam mengembangkan komputer modern seperti yang kita kenal sekarang.

Dalam sejarah perkembangan komputer, mesin Turing dianggap sebagai tonggak penting karena telah menginspirasi pengembangan komputer modern. Konsep mesin Turing memberikan fondasi dasar tentang cara kerja komputer dan cara komputer memproses informasi. Dalam perkembangannya, konsep mesin Turing diadopsi oleh para ilmuwan komputer dan digunakan untuk mengembangkan bahasa pemrograman, sistem operasi, dan aplikasi komputer modern yang kita kenal sekarang ini.


Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.